Kanopi Jendela Minimalis Modern, Sederhana Namun Berkarakter

  • Mas Bro
  • Aug 01, 2023
Kanopi Jendela Minimalis Modern

Desain minimalis sedang menjadi idaman banyak orang untuk diterapkan di rumahnya. Contohnya kanopi jendela minimalis modern yang memiliki daya tariknya sendiri. Tidak hanya penampilan yang enak dipandang, namun juga fungsional.

Indonesia termasuk negara yang sering terpapar suhu panas. Suhu ini akan semakin bertambah bila rumah menghadap arah timur atau barat. Hal ini dapat diatasi dengan memakai kanopi jendela yang minimalis namun tetap keren, seperti inspirasi berikut ini:

1. Kanopi Klasik Bahan Kain

Jika membicarakan kanopi jendela, tidak lengkap bila tidak menyertakan versi klasiknya. Model klasik menghadirkan nuansa rumah ala Eropa yang identik dengan motif garis-garis besar. Umumnya warna yang digunakan adalah dua warna berbeda.

Kanopi jenis ini biasanya dibekali rangka khusus, sehingga lebih mudah untuk dilipat. Jika ukurannya besar, kanopi ini juga cocok untuk dijadikan teras. Cukup dengan menambahkan meja serta kursi untuk mengimbanginya.

2. Kanopi Transparan

Kanopi jendela minimalis modern yang direkomendasikan berikutnya adalah gaya transparan. Kesan modern terlihat jelas dengan penggunaan bahan polikarbonat yang mempercantik tampilan jendela. Tidak hanya keren, namun juga fungsional.

Bentuknya dibuat agak melengkung, sehingga air hujan serat kotoran tidak tertahan pada bagian atas. Kerangkanya menggunakan warna putih, biasanya menyesuaikan dengan kusen jendela. Pastikan untuk membersihkannya dengan rutin sehingga terlihat jernih dan tidak kusam.

3. Kanopi Rata Bahan Beton

Ingin mencoba model kanopi yang berbeda dari biasanya? Cobalah kanopi datar yang dibuat dari bahan beton. Bentuknya rata, menyerupai atap yang biasa digunakan di rumah minimalis. Untuk menggunakan tipe ini, harus direncanakan sebelum proses membangun rumah.

Sehingga bisa disesuaikan dengan seperti tampilan dan struktur rumah. Jika menggunakan model ini, jangan lupa untuk membersihkannya dengan rajin. Sebab, model datar mudah digenangi oleh air hujan serta terkena daun-daun kering.

4. Kanopi Trapesium

Kanopi jendela minimalis modern ini cocok digunakan untuk bay window, yakni jendela berbentuk menjorok keluar. Desain ini membuat ruangan terasa lebih luas. Umumnya, kanopi seperti ini bersifat permanen sehingga terlihat menyatu dengan bangunannya.

5. Kanopi Baja Ringan

Kanopi dari bahan baja cocok dipakai untuk rumah yang warnanya putih bersih. Ini menghadirkan penampilan yang antik, dengan material baja berwarna hitam. Komposisi warna ini terlihat kontras, sebab putih disandingkan dengan hitam.

Tampilan ini menghadirkan daya tariknya sendiri, karena cukup mencolok. Walaupun mencolok, namun masih sesuai dengan nuansa minimalis karena warnanya netral. Hitam serta putih tidak pernah berlebihan dalam memberikan suasana berbeda.

6. Kanopi Spandek

Kanopi jendela minimalis modern akan terlihat semakin stylish dengan warna-warna netral. Contohnya kanopi yang materialnya dari spandek. Dipadukan bersama tembok bata serta daun dengan jendela kaca kusen kayu, kesan yang ditampilkan semakin berbeda.

Belum banyak yang menggunakan formula ini, sehingga hunian akan nampak antik sekaligus modern. Hunian dengan dinding batu bata sangat cocok disandingkan bersama bahan spandek.

7. Kanopi Kayu Hangat

Selain memakai bahan baja dan kain yang populer, bahan lainnya yang tidak kalah menarik adalah kayu. Material kayu memberikan kesan yang klasik namun tetap tidak tertinggal oleh perkembangan zaman. Sangat cocok untuk tampilan klasik modern.

Kanopi kayu yang diletakkan pada bagian atas sebuah jendela menimbulkan kesan alami dan hangat. Desain ini memberikan jarak antara satu kayu dengan kayu yang lain. Dengan begitu, bayangannya akan terlihat unik jika terpapar sinar matahari.

Jika ingin menambahkan nuansa alami, bisa juga menambahkan tanaman rambat. Halaman rumah semakin menarik dengan perpaduan ini. Dengan masuknya sinar matahari ke rumah, akan menambah pencahayaan sehingga lebih hemat listrik.

Kesimpulan:

Desain minimalis telah menjadi pilihan utama banyak orang untuk diaplikasikan di rumah mereka, termasuk kanopi jendela minimalis modern yang memiliki daya tarik estetis dan fungsional. Artikel ini menampilkan beragam inspirasi kanopi yang dapat membantu mengatasi paparan suhu panas di Indonesia, terutama bagi rumah yang menghadap arah timur atau barat.

Beberapa rekomendasi gaya kanopi meliputi kanopi klasik dengan bahan kain yang memberikan nuansa ala Eropa, kanopi transparan dengan bahan polikarbonat yang modern dan fungsional, serta kanopi rata dari bahan beton yang memberikan tampilan yang berbeda dan menyesuaikan dengan struktur rumah. Selain itu, ada juga kanopi trapesium yang cocok untuk bay window dan kanopi baja ringan yang menghadirkan daya tarik kontras dengan warna putih dan hitam.

Terdapat juga pilihan kanopi spandek dengan warna-warna netral yang memberikan kesan antik dan modern, serta kanopi kayu yang memberikan kesan klasik namun tetap hangat dan alami. Selain menghalau panas, kanopi ini juga memberikan sentuhan estetika yang menarik pada jendela rumah. Penambahan tanaman rambat juga bisa memberikan nuansa alami dan membuat hunian semakin menarik.

Dengan memilih kanopi jendela minimalis yang tepat, penghuni rumah dapat menikmati manfaatnya secara fungsional dan estetis. Artikel ini memberikan inspirasi untuk memilih kanopi yang sesuai dengan gaya rumah dan kebutuhan pribadi, sehingga membuat jendela rumah menjadi lebih menarik dan nyaman.

Itu tadi berbagai rekomendasi gaya kanopi jendela minimalis modern yang dapat diterapkan di rumah. Tidak hanya menghalau panas, jendela juga nampak semakin menarik dengan kanopi yang mengiringinya.

 

Author Profile

Mas Bro
Mas Bro
Saya seorang arsitek dan sebagai blogger yang mencurahkan waktu dan energi untuk membuat konten tulisan yang menarik dan informatif di platform web hyebro.com.

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright @ 2023 hyebro.com